RAMADHAN DIANTARA TRADISI

Pada suatu kala Tuhan (robbi:guru) pernah memberikan test pilihan ganda kepada hambanya yang bernama Sulaiman (King Solomon) meskipun Dia sudah tau,apakah hasil atau nilai dari test itu,tapi tetap saja dilakukan,itu untuk menunjukan bahwa walaupun Dia itu maha kuasa tetapì tidak pernah melanggar hukum yang dibuatnya sendiri. Soal dari test itu adalah’Hai Sulaiman andaikan Aku memberikanya kepadamu,mana yang kau pilih,apakah Ilmu,tahta atau harta ?’dengan kepercayaan penuh Sulaiman menjawab’Ilmu guru..!’.Tetapi dengan jawaban itu apa yang didapat?,dia mendapatkan ilmu,tahta dan harta.Artiinya dengan ilmu Sulaiman dapat merubah dunia.
Ilustrasi kecil ujian awal Sulaiman itu sering kali dilupakan orang,kenapa kecil? karena Tuhan begitu banyak memberikan gambaran tentang kelebihan ilmu atau orang yang berilmu daripada yang lainya.
Masalah khilafiah dalam tradis fikih Islam sudah terjadi sejak lama,mengikuti gairah keilmuan pada masanya,tetapi sebagian besar masalanya itu-itu juga.misalnya dalam rangka puasa Ramadhan,apa masalah khilafiah yang mengikutinya? masalah penetapan hari awal ramadhan,antara ru’yat dan khisab,jumlah raka’at sholat tarawih dan lain sebagainya.
Sebenarnya masalah itu bukan masalah besar jika kita di bekali ilmu dalam bersikap,bahanya orang yang bodoh memberi pelajaran pada orang yang bodoh,lebih celaka jika orang bodoh merasa pinter menganggap dirinya mampu berijtihad (baca:mujtahid) dan mengajar kepada orang bodoh,jadinya hukum diplintiri (ìstilahnya Gus Dur).Jadinya di masyarakat terdengar seperti suara pasar dharurat
Kesesi,satu pihak merasa (lebih) benar dan menganggap pihak yang lain salah,yang satu merasa sesuai sunnah nabi dan menganggap yang lain adalah tradisi nenek moyang yang tidak layak diikuti,
Semua tidak perlu terjadi jika keduanya dibekali dengan ilmu yang memadai.
(bersambung,trims…!)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

Atas ↑