MIMPI ANEH

Semalam aku mimpi…! sebenarnya sih… aku sering jugak mimpi, mimpi horor mimpi romantis… mimpi sediiih… mimpi selingkuh sama istri orang…ckckckc…gawat…! mimpi diuber-uber ular… ( konon mimpi yang ini akibatnya semi mesum..hahaha..!. katanya..! )

Orang bilang.. alaaah… cuman mimpi…bunganya tidur..! gara-gara banyakan ngayal..!

Sseeett…bentar dulu…
Icarus dulu pingin terbang jugak dari ngayal kan..? tapi buktinya… sekarang… manusia benar benar bisa terbang… hayo..? atau siapu itu..? leonardo de vinci… karya-karyanya semua dari kayalan en impian..! artinya tidak semua mimpi itu bunganya tidur gaaan..!

Hahaha… mereka-mereka itu kan seorang pemikir besar… atau…fil…fi…lusuf…begitu… yang gagasan-gagasannya dapat merubah dunia..!
lha kamu siapa..?? catatan buku takdirmu saja gak jelas kok..!

Jangan begitu ah.. itu namanya ngejek Tuhan… sama saja dengan kamu bilang Tuhan bikin aku… dengan tanpa alasan yang jelas.. atau main-main doang..! masak Tuhan kok main-main..?

Enggak lo…benernya mimpimu itu mimpi apa..? mimipi tentang bencana alam atau… mimpi tentang tanda-tanda akan kiamat…? atau…

Kalaok… tanda-tanda kiamat sih… itu bukan mimipi.. tapi bukti nyata didepan mata..! gak liat pa..? ndeso..!!

Bigini..lo gan..! dengerin ya..?
Semalam itu… aku mimipi ketemu dengan seorang kakek yang sedah tuaaaa…sekali mungkin umurnya dah nyampek sekitar seratus tahun kali..!

Dimana-mana yang namanya kakek itu ya sudah tua bro…

Tapi yang ini lain..! walaupun dia sudah tua tapi dia kelihatan masih sehat… baik fisik maupun pikirannya… dia gak kelihatan pikun… gak seperti orang-orang sekarang… apalagi kalok jadi pejabat… baru dua tahun saja sudah pikun… tuh..! gak bisa bedakan duit sendiri dengan duit rakyat..! gak bisa bedakan mobil pribadi dengan mobil dinas… gak bisa bedakan atasan dengan Tuhan..! ( na’udubillahi min dhalik..! )

Ya…ya..ya..ya.. luccu..lucu..! lucu..! lanjut bro…

Apanya yang lucu,,?

Pikunnya tadi…

Pokoknya… kakek itu dulunya… waktu masih muda… mungkin ganteng sekali..! ya kira- kira seperti aku lah…

Lhaaah… kok narcisus… alias narsis…lanjutt..!

Lha kakek itu ngakunya kakekku… dia bercerita tentang… sistem pendidikan di jaman Kompeni alias jaman VOC alias jaman belanda… alias jaman Penjajahan…

Cucuku..! ( Beliau mengawali ceritanya )…
Sistem Pendidkan di jaman kompeni itu.. menganut sistem ” DUALISME”…

Apa itu kek…( tanyaku.. berlagak tidak tau..) aku kan guru sejarah sekarang… hehehe… hebat kan..!

Gaak..!

Maksudnya… Sistem pendidikanya itu di bagi dua kelompok dan dua sistem.
Kelompok pertama adalah… sistem pendidikan yang diperuntukken bagi orang-orang Bangsawan, atau nengrat atau bourjuis… atau penguasa…

Seperti apa kek..?

Ya.. Fasilitas pendidikan komplit..! Gedungnya mewah…Laboratorium sain ada..! Perpustakaannya lengkap..! laboratorium Bahasa ada..! pokoknya sumua ada..! termasuk laboratorium multi media dan sekalian jaringan internetnya…

Gurunya… komplit. Semua sudah sarjana, minimal S-1 dan sudah bersertifikasi..

Ada sarjana karbitannya gak kek..?

Apa itu sarjana karbitan cucuku..?

Itu lho kek.. Orang yang gelarnya sarjana tapi.. tingkah lakunya seperti anak-anak… karena sekolah dapat ijazahnya dengan duit… alias bayar.. dong..! ya tentu saja otaknya tetap otak udang kek… alias bodo…alias goblok..!

Eee…mm..( kakek mikir).. kelihattanya tidak ada…

Berarti jaman kakek… ketinggalan jaman…

Mungkin..! ( kakek menjawab mantap..!)

Kek ada guru BPnya gak kek..? ( tanyaku penasaran)

Ada..! cantik lagi… kakek kenal dekat sama dia…(jawab kakek bersemangat)

Pacar kakek ya..? ( tanyaku setengah berbisik )

Oh.. bukan.. bukan…! ( jawab kakek dengan gugup dan wajah memerah terlihat bohong )

Terus kek…

Yang sekolah di tempat ini, ya anaknya Orang-orang belanda atau penjajah, anaknya para bangsawan, anaknya pejabat dan anaknya orang-orang kaya.

Yang kedua…

Sekolah yang diperuntukkan bagi rakyat miskin atau proletar.
Sekolahan ini kondisinya bertolak belakang dengan sekolah yang pertama. Bangunan gedungya jelek, mutu bangunannya rendah konon katanya karena proyek pengerjaannya terlalu banyak dikorupsi..! dan tidak lengkap, Laboratorium sain cuma bangunannya saja atau tidak ada isinya. Perpustakaan bukunya cuma sedikit. tidak ada laboratorium bahasa, pokoknya serba kekurangan.

Gurunya..?

Sebagian besar rumahnya jauh-jauh… bahkan ada guru perempuan yang jarak rumahnya lebih dari 30 kilometer…

Gak minta pindah kek..?

Gak punya duit..!

Kok duit..?

SSeeet… ini masalah sensitif… kamu jangan tanya terus..!

Ooo…

Kek…(tanyaku setengah berbisik) kok jamannya kakek banyak yang mirip dengan jaman saya ya..? cuman beda nama doang..! kalok jaman saya… yang nomor satu itu namanya sekolah unggulan.. kek..! atau R..S…B.. terusnya apa gitu..

Apa iya.. (tanya kakek terlihat penasaran )

Kek.. aku dah ngantuk… besok sambung lagi,

Aku tak bangun ya kek…(bersambung)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

Atas ↑